Wednesday, August 7, 2013

Inggris Tetapkan Surat Izin Merokok

Lintas Tulisan -  Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong.

Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walaupun pada kenyataannya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi).

Namun berbeda dengan cerita dari Negara Inggris, Menurut Profesor Roger Magnusson dari University of Sydney’s Law School dan Professor David Currow dari Cancer Institute New South Wales Inggris, surat izin ini dapat memerangi beredarnya rokok di kalangan remaja. Setelah menghadapi kebijakan baru mengenai kenaikan pajak rokok sebesar US$5 atau sekitar Rp50.000, kini para ahli kanker menginginkan perokok memiliki surat izin untuk merokok.

Peraturan ini diusulkan setelah National Drug Strategy Household Survei menemukan bahwa sebagian besar remaja mendapatkan rokok dari pengecer dan toko online di internet.

Magnuson dan Currow juga mengharapkan, kehadiran surat ijin ini dapat digunakan untuk mengumpulkan data tentang perokok dan membantu mereka untuk berhenti merokok.

Mengingat, biaya kesehatan masyarakat merokok di Australia mencapai angka US$30 miliar per tahun dan menewaskan 15.000 orang setiap tahunnya.

Pemerintah Australia juga memang ingin mengurangi jumlah perokok sebanyak 16-10 persen pada tahun 2018. Tahun lalu pemerintah Australia telah mengeluarkan aturan kemasan rokok yang kontroversial.

Rokok harus dikemas dengan kemasan berwarna cokelat polos memuat peringatan kesehatan sebesar 75 persen dari besarnya bungkus rokok. Bagaimana dengan Indonesia?

Sumber: http://www.harianjogja.com/

Inggris Tetapkan Surat Izin Merokok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bocah Ndeso

2 komentar:

  1. terimakasih infonya sob,ijin menyimak disini :D



    admin "Variasi Blogger"

    ReplyDelete
  2. sama" mas bro... makasih komentar nya...

    ReplyDelete