Saturday, July 27, 2013

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Lintas Tulisan -  Berdasarkan penelitian dan pengalaman, temulawak telah terbukti berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Pemakaian temulawak untuk pengobatan umumnya dilakukan dalam bentuk ramuan, baik tunggal maupun campuran.

Khasiat temulawak untuk kesehatan
Misalnya, dapat digunakan untuk pengobatan gangguan fungsi hati (lever), baik pada hepatitis maupun pada perlemakan hati. Sebagai obat gangguan hati, temulawak bekerja sebagai kolagoga, yakni meningkatkan produksi dan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol hati, dan mengaktifkan enzim pemecah lemak di hati. Dalam bentuk rebusan dan ekstrak, temulawak dipakai untuk pengobatan kolelitiasis, kolesistitis, dan kerusakan pada hati.

Khasiat Temulawak dapat digunakan sebagai obat anti inflamasi atau anti radang. Melalui aktivitas anti inflamasinya, temulawak efektif untuk mengobati penyakit radang sendi, rematik, atau artritis rematik.

Melalui aktivitas hipokolesterolemiknya, temulawak dapat menurunkan kadar kolesterol total dan mempunyai indikasi meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi (HDL) kolesterol.

Temulawak juga mempunyai sifat fungistatik atau anti jamur terhadap beberapa jamur golongan dermatophyta. Selain bersifat fungistatik, temulawak juga bersifat bakteriostatik atau antibakteri pada mikroba jenis staphyllococcus dan salmonella.

Jika ditelusuri lebih jauh, temulawak temyata telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, seperti menambah nafsu makan, menyembuhkan sakit mag, batuk, asma, sariawan, panas, malaria, ambeien, sembelit, dan diare.

Di samping itu, juga dapat memperbanyak dan melancarkan air susu ibu (ASI), mengobati gangguan saat nifas dan menstruasi, eksim, kencing nanah atau sifilis, kembung dan mulas, asam urat, sakit pinggang, pegal linu, hipertensi, kencing batu, membersihkan darah, kutu air, muntah-muntah, muntaber, serta mengatasi gangguan cacing pita.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bocah Ndeso

0 komentar:

Post a Comment